Feature Top (Full Width)

Selasa, 20 Oktober 2020

BERBAGI INOVASI PEMBELAJARAN DI RUMAH SENDIRI

 

Murjiati, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung

Gambar 1. Profil Penulis

Assalamualaikum wr.wb.
Tabik Pun

"Orang miskin yang paling miskin adalah orang yang menghabiskan umurnya untuk mencari ilmu yang tidak ia amalkan sehingga ia kehilangan kelezatan dunia dan kebaikan akhirat..." - Imam Ibnul Jauzi. Hal itulah yang mendasari saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman meskipun hanya sedikit. Di tengah keterbatasan akses, baik akses internet maupun medan yang cukup sulit, saya hanya bisa berbagi dengan orang - orang terdekat, terjangkau, dan yang paling penting adalah orang yang mau belajar.

Kegiatan berbagi ini sudah saya lakukan sejak pertama kali memutuskan untuk menjadi guru, tetapi hanya fokus membagikan ilmu dan pengalaman yang saya miliki kepada siswa. Kemudian saya ikut Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang terdiri dari 4 level yaitu level Literasi, level Implementasi, level Kreasi, dan level Berbagi. Saat ini saya sudah sampai pada level Berbagi. Kesempatan inilah yang saya gunakan untuk berbagi tidak hanya dengan siswa, tetapi juga berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan rekan - rekan guru di SMP Negeri 1 Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung demi tercapainya Merdeka Belajar.


Gambar 3. Flyer Kegiatan

Kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rawajitu Timur yang merupakan rumah bagi saya, kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2020. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Drs. Kawit, M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 1 Rawajitu Timur dan diikuti oleh 22 guru sebagai peserta.

Gambar 3. Pembukaan Kegiatan


Gambar 4. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Materi yang saya sampaikan pada kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK di SMP Negeri 1 Rawajitu Timur ini ada 2 materi, yaitu:
  1. Sosialisasi Pemanfaatan Kelas Digital Rumah Belajar untuk Pembelajaran Jarak Jauh.
  2. Pembuatan Kuis dengan Memanfaatkan Google Formulir.

Gambar 5. Penyampaian Materi


Video 1. Praktik Pendaftaran Kelas Digital

Kendala yang dihadapi saat kegiatan sosialisasi ini yaitu akses koneksi internet yang tidak stabil, sehingga saat guru mendaftar di Kelas Digital atau membuat kuis dengan Google Formulir membutuhkan waktu yang agak lama. Tetapi tidak menyurutkan semangat Bapak/Ibu guru untuk terus berusaha dan belajar untuk bisa berinovasi dalam pembelajaran.

Untuk laporan kegiatan selengkapnya bisa dilihat Disini.

Dapat disimpulkan bahwa kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK yang saya laksanakan berjalan dengan lancar, meskipun terkendala akses internet maupun akses jalan menuju lokasi kegiatan. Tetapi saya merasa senang dan bahagia dapat berbagi dengan teman - teman di tengah keterbatasan yang ada. Terima kasih kepada seluruh keluarga besar SMP Negeri 1 Rawajitu Timur yang sudah memberikan ruang dan waktu untuk saya agar bisa berbagi. Semoga masih diberikan waktu untuk selalu berbagi.

Wassalamualaikum wr.wb.

Merdeka Belajarnya,
Rumah Belajar Portalnya,
Maju Indonesia.

#MerdekaBelajar 
#NadiemMakarim 
#PembaTIK2020 
#pembatiklevel4 
#RumahBelajar 
#tributetohendriwidiatmoko 
#guruberbagi 
#gurupenggerak
#SRBLampung2020Berbagi







 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar