Feature Top (Full Width)

Selasa, 20 Oktober 2020

ANTUSISME GURU DI SMP NEGERI 1 GEDUNG AJI BARU DALAM ACARA SOSIALISASI RUMAH BELAJAR

Murjiati, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung

Gambar 1. Profil Penulis

Assalamualaikum wr.wb.
Tabik Pun

"Orang miskin yang paling miskin adalah orang yang menghabiskan umurnya untuk mencari ilmu yang tidak ia amalkan sehingga ia kehilangan kelezatan dunia dan kebaikan akhirat..." - Imam Ibnul Jauzi. Hal itulah yang mendasari saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman meskipun hanya sedikit. Di tengah keterbatasan akses, baik akses internet maupun medan yang cukup sulit, saya hanya bisa berbagi dengan orang - orang terdekat, terjangkau, dan yang paling penting adalah orang yang mau belajar.

Kegiatan berbagi ini sudah saya lakukan sejak pertama kali memutuskan untuk menjadi guru, tetapi hanya fokus membagikan ilmu dan pengalaman yang saya miliki kepada siswa. Kemudian saya ikut Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang terdiri dari 4 level yaitu level Literasi, level Implementasi, level Kreasi, dan level Berbagi. Saat ini saya sudah sampai pada level Berbagi. Kesempatan inilah yang saya gunakan untuk berbagi tidak hanya dengan siswa, tetapi juga berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan rekan - rekan guru di SMP Negeri 1 Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung demi tercapainya Merdeka Belajar. Kegiatan ini diawali dengan penentuan jadwal kegiatan pada hari Kamis tanggal 1 Oktober 2020.


Gambar 2. Penentuan Jadwal Kegiatan


Gambar 3. Flyer Kegiatan


Kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dan sosialisasi Rumah Belajar di SMP Negeri 1 Gedung Aji Baru ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 dibuka oleh Ibu Siti Wardiyatmi, S.Pd.,M.Pd. selaku Pengawas Pembina, didukung sepenuhnya oleh Bapak Rustoyo, S.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 1 Gedung Baru, dan dihadiri oleh 22 guru SMP Negeri 1 Gedung Aji Baru sebagai peserta kegiatan.

Gambar 4. Sambutan Kepala SMPN 1 Gedung Aji Baru


Gambar 5. Pembukaan Acara oleh Pengawas Pembina


Gambar 6. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Materi kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK di SMP Negeri 1 Gedung Aji Baru ini terdiri dari 2 materi, yaitu:
  1. Sosialisasi Portal Rumah Belajar untuk Pembelajaran Jarak Jauh.
  2. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif.

Gambar 7. Penyampaian Materi


Gambar 8. Praktik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif

Kendala yang dihadapi saat kegiatan sosialisasi dan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK ini diantaranya ada beberapa laptop guru yang tidak support untuk aplikasi Articulate Storyline, akhirnya praktik pembuatan media pembelajaran interaktif dilaksanakan secara kelompok. Setiap kelompok harus bisa membuat dan menampilkan minimal 1 media. Signal internet yang tidak stabil sehingga untuk akses di Portal Rumah Belajar memerlukan waktu yang agak lama. Akses jalan yang licin karena cuaca hujan, tetapi tidak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan.

Untuk laporan kegiatan di SMP Negeri 1 Gedung Aji Baru secara lengkap bisa dilihat Disini.

Dapat disimpulkan bahwa kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK yang saya laksanakan berjalan dengan lancar, meskipun terkendala akses internet maupun akses jalan menuju lokasi kegiatan. Terima kasih kepada keluarga besar SMP Negeri 1 Gedung Aji Baru yang sudah memberi ruang dan waktu untuk saya untuk bisa berbagi. Semoga masih diberikan waktu untuk selalu berbagi.

Wassalamualaikum wr.wb.

Merdeka Belajarnya,
Rumah Belajar Portalnya,
Maju Indonesia.

#MerdekaBelajar 
#NadiemMakarim 
#PembaTIK2020 
#pembatiklevel4 
#RumahBelajar 
#tributetohendriwidiatmoko 
#guruberbagi 
#gurupenggerak
#SRBLampung2020Berbagi



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar