Feature Top (Full Width)

Selasa, 20 Oktober 2020

BERBAGI DENGAN VLOG, SIAPA TAKUT?

Murjiati, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung


Gambar 1. Murjiati, S.Pd. 
SRB Lampung 2020

Assalamualaikum wr.wb.
Tabik Pun

"Orang miskin yang paling miskin adalah orang yang menghabiskan umurnya untuk mencari ilmu yang tidak ia amalkan sehingga ia kehilangan kelezatan dunia dan kebaikan akhirat..." - Imam Ibnul Jauzi. Hal itulah yang mendasari saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman meskipun hanya sedikit. Di tengah keterbatasan akses, baik akses internet maupun medan yang cukup sulit, saya hanya bisa berbagi dengan orang - orang terdekat, terjangkau, dan yang paling penting adalah orang yang mau belajar.

Kegiatan berbagi ini sudah saya lakukan sejak pertama kali memutuskan untuk menjadi guru, tetapi hanya fokus membagikan ilmu dan pengalaman yang saya miliki kepada siswa. Kemudian saya ikut Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang terdiri dari 4 level yaitu level Literasi, level Implementasi, level Kreasi, dan level Berbagi. Saat ini saya sudah sampai pada level Berbagi. Kesempatan inilah yang saya gunakan untuk berbagi tidak hanya dengan siswa, tetapi juga berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan rekan - rekan guru di seluruh nusantara lewat vlog yang saya bagikan di channel youtebe Murjiati Zainal.

Vlog yang saya bagikan ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Memanfaatkan Kelas Digital Mapel Bahasa Indonesia. Model pembelajaran Discovery Inquiry adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada kesimpulan. Ada 6 sintaks dalam model pembelajaran Discovery Inquiry yaitu:
  1. Pemberian rangsangan (Stimulation)
  2. Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)
  3. Pengumpulan Data (Data Collection)
  4. Pengolahan Data (Data Processing)
  5. Pembuktian (Verification)
  6. Menarik Kesimpulan/ Generalisasi (Generalization)
Penasaran dengan vlog tentang Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Memanfaatkan Kelas Digital untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia silahkan klik channel di bawah ini (jangan lupa untuk like, share, and subscribe)



Video 1. Channel Youtube Murjiati Zainal
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry 
Memanfaatkan Kelas Digital Mapel Bahasa Indonesia 

Dapat disimpulkan bahwa kegiatan berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK melalui vlog ini masih memerlukan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi pembuatan vlog yang akan datang. Jangan lupa tinggalkan jejak/ komentar di Channel Youtube saya. Semoga masih diberikan waktu untuk selalu berbagi.

Wassalamualaikum wr.wb.

Merdeka Belajarnya,
Rumah Belajar Portalnya,
Maju Indonesia.

#MerdekaBelajar 
#NadiemMakarim 
#PembaTIK2020 
#pembatiklevel4 
#RumahBelajar 
#tributetohendriwidiatmoko 
#guruberbagi 
#gurupenggerak
#SRBLampung2020Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar